Date:

Share:

K.H. Syamsul Hadi Abdan: Niatkan Semua Kegiatan Dengan Lillah

Related Articles

DARUSSALAM – Tidak ada kegiatan yang berjalan di Pondok Modern kecuali diawali dengan pengarahan. Tidak cukup sampai disitu, dalam pelaksanaannya, setiap kegiatan akan terus dipantau, dibimbing, diawasi, kemudian dievaluasi. Begitulah metode Pondok Modern Darussalam Gontor dalam mendidik santri-santrinya.
Pada hari Kamis hingga Senin (4-15/12) para santri dari kelas satu hingga kelas lima akan menghadapi kegiatan besar, kegiatan itu adalah ujian lisan. Oleh karenanya, pada Selasa (2/12) para guru dan siswa akhir KMI berkumpul di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) guna menyimak arahan Bapak Pimpinan dan Bapak Direktur KMI tentang pelaksanaan Ujian Lisan tersebut. Diharapkan, pada pelaksanannya nanti, kegiatan ini berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan yang berarti.
Dalam kegiatan Ujian Lisan ini, seluruh warga Pondok Modern Darussalam Gontor sedang diuji. Dari Anggota Badan Wakafnya hingga siswa kelas satu, semuanya diuji. Hanya saja, materi ujiannya yang berbeda. Para penguji dituntut untuk benar-benar menguasai materi yang akan diujikan. Kemudian mereka diuji bagaimana cara menguji yang baik, bagaimana membuat dan menyampaikan pertanyaan, bagaimana menilai jawaban dari peserta ujian. Bagi mereka yang bertugas di sektor lain juga tidak luput dari ujian. Mereka diuji bagaimana menjadi penjaga gerbang yang bertanggung jawab, bagaimana menyambut tamu yang ramah dan sopan, bagaimana memukul lonceng, dan lain sebagainya. Semua tugas ini akan menjadi bermakna, bernilai, tidak sia-sia bila dilakukan dengan niat lillah. Demikian K.H. Syamsul Hadi Abdan menasihati.
K.H. Hasan Abdullah Sahal menambahkan, semua kegiatan yang berasal dari Allah, dimulai dengan nama Allah, dilakukan di atas jalan Allah dan hanya untuk Allah, kemudian disandarkan hanya kepada Allah, maka kegiatan itu adalah kegiatan mulia, bermartabat, dan bernilai tinggi. Jangan berfikir saya jadi apa? Saya dapat apa? Tapi berfikirlah bagaimana untuk memberi. Memberi segala sesuatu yang terbaik untuk umat dan agama. Maka, Allah akan memberimu segala yang kamu butuhkan.farouq

Popular Articles