Date:

Share:

K.H. Hasan Abdullah Sahal: Ujian ini, Ujian Akhlak dan Mental

Related Articles

Para santri serius belajar menjelang Upacara Pembukaan Ujian Tulis Akhir Tahun
Para santri serius belajar menjelang Upacara Pembukaan Ujian Tulis Akhir Tahun

GONTOR – Guna mengetahui kualitas belajar siswanya, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mengadakan Ujian Tulis selama 10 hari untuk Siswa Kelas 1–5. Senin (17/6/13) pukul 06.15 WIB, kegiatan ini dibuka dengan pesan dan nasihat dari K.H. Hasan Abdullah Sahal, Pimpinan PMDG, yang dilanjutkan dengan pembacaan beberapa disiplin pelaksanaan ujian yang disampaikan oleh K.H. Masyhudi Subari —Bapak Direktur Kulliyatu-l-Mu’allimina-l-Islamiyyah (KMI) PMDG— dan diakhiri dengan doa, yang dipimpin oleh K.H. Syamsul Hadi Abdan, Pimpinan PMDG.

Dalam nasihatnya, K.H. Hasan Abdullah Sahal menyampaikan, bahwa, ujian di PMDG yang diikuti oleh 3.404 siswa ini, tidak sama dengan ujian yang diadakan oleh lembaga lain, karena yang diujikan di Gontor bukan hanya kemampuan akademis siswa yang hanya memprioritaskan hasil/nilai saja, tetapi mencakup akhlak, batin, pikiran, dan fisik siswa, sehingga mampu mencetak Ulama yang Intelek, bukan Intelek yang tahu Agama. Baik guru ataupun siswa, bahkan Pimpinan Pondok pun, juga ikut diuji.

Sementara itu, Pondok-pondok Cabang Gontor, Putra maupun Putri, yang berlokasi di dalam Jawa, pada saat ini juga sedang melaksanakan ujian seperti halnya Gontor Pusat. Adapun Cabang Gontor yang berlokasi di luar Jawa, mereka mengikuti tahun ajaran Departemen Agama (Depag) dalam melaksanakan ujian tiap tahunnya.Sazza

2 COMMENTS

  1. saya ingin pengen masuk pesantren kan
    doakan ya yang nyang ngintip dan parakiai dan ustad
    muda-mudahan saya bisa masuk ke pesantren gontor JAWA TIMUR
    SAYA BARU KERANG CILEDUKELAS 6 SDN LAR-09 TANGERANG
    MOHON BANTUANYA

Comments are closed.

Popular Articles