Date:

Share:

K.H. Hasan Abdullah Sahal Hadiri “Muslim Summit 2014”

Related Articles

K.H. Hasan Abdullah Sahal Hadiri Muslim Summit
K.H. Hasan Abdullah Sahal bersama Prof. Dr. K.H. Dien Syamsuddin sebagai pembicara di “Muslim Summit 2014”

YOGYAKARTA – Pada Sabtu (29/3) pagi, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), K.H. Hasan Abdullah Sahal, berkesempatan mengisi seminar bertemakan “Kepemimpinan di Indonesia dalam Sudut Pandang Islam”. Seminar tersebut merupakan salah satu rentetan acara “Muslim Summit 2014″ yang diselenggarakan oleh Lembaga Eksekutif Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (LEM UII) pada tanggal 28–30 Maret 2014 di Kampus Terpadu UII.

“Andaikata, jika presiden-presiden Republik Indonesia dihadirkan dalam satu pertemuan, lalu mereka masing-masing ditempatkan di dalam sebuah ruangan khusus, kemudian mereka diuji secara lisan dan tulisan tentang definisi dari kemerdekaan, maka, kira-kira jawaban mereka itu sama atau berbeda?” ucap beliau melemparkan pertanyaan kepada segenap mahasiswa yang memadati Auditorium Fakultas Kedokteran (FK) UII. Para mahasiswa yang hadir serempak menjawab “tidak”.

“Untuk mencari tipe pemimpin, kita harus tahu terlebih dahulu siapa yang dipimpin. Apakah Republik ini atau umat ini perlu pemimpin ataukah perawat? Apakah umat ini waras ataukah sakit?” terang beliau.

“Menjadi rakyat, menjadi wakil rakyat, atau menjadi presiden, dan lain sebagainya, apa yang kau cari? Berkacalah, wahai mahasiswa! Berkacalah, wahai mahasiswi! Ini teka-teki, apakah kita ini merdeka atau dijajah?” tandas beliau di akhir penjelasannya.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir pula sebagai pembicara, Prof. Dr. K.H. Dien Syamsuddin, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat. Muslim Summit adalah forum silaturahim lembaga-lembaga mahasiswa Perguruan Tinggi Islam Negeri dan Swasta se-Indonesia. Kegiatan ini mengundang 361 Perguruan Tinggi sebagai peserta yang masing-masing mendelegasikan tiga orang utusan. Dengan melibatkan berbagai unsur pemuda Islam di seluruh Indonesia, acara ini bertujuan untuk menemukan solusi dari permasalahan bangsa, sehingga dapat menjadi jalan keluar yang baik dan bermanfaat. irba

Popular Articles