Date:

Share:

K.H. Hasan Abdullah Sahal: “Bukan Saya, Namun Kegiatan ‘Salam-Salaman’ Inilah yang Berbarakah”

Related Articles

Para santri PMDG berjabat tangan dengan para guru dan Siswa Akhir KMI, Jumat (28/6) malam.
Para santri PMDG berjabat tangan dengan guru-guru dan Siswa Akhir KMI, Jumat (28/6) malam.

GONTOR – Di tengah sambutannya pada Pesan dan Nasehat Menjelang Perpulangan Akhir Tahun, K.H. Hasan Abdullah Sahal, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), mengingatkan kembali kepada seluruh guru-guru Kuliyyatu-l-Mu’alliminal Islamiyyah (KMI) dan para santri tentang esensi dari kegiatan jabat tangan atau ‘salam-salaman’. Menurut beliau, kegiatan ini wajib dilaksanakan, karena selain bagian dari sunnah pondok, kegiatan ini juga mengandung barakah.

“Jadi, dalam jabat tangan ini, yang membawa barakah itu bukan saya, tetapi ‘salam-salaman’ itu sendiri,” tutur K.H. Hasan Abdullah Sahal, Jumat (28/6/2013) malam di Balai Pertemuan Pondok Modern. Kegiatan yang sudah menjadi rutinitas tahunan ini, diikuti oleh seluruh guru-guru KMI hingga Direktur KMI dan Pimpinan PMDG, Siswa Akhir KMI dan seluruh para santri dari kelas 1 sampai dengan kelas 5.

Selain itu, liburan akhir tahun ini berlangsung selama 50 hari, dimulai pada 20 Sya’ban 1434/29 Juni 2013 hingga  10 Syawwal 1434/17 Agustus 2013. Adapun pada 11 Syawwal 1434/18 Agustus 2013, akan dilaksanakan Pembukaan Tahun Ajaran Baru dan Pembukaan Ujian Tulis Masuk KMI yang dilanjutkan dengan pengabsenan wajib seluruh siswa lama KMI.

Perlu diketahui, bahwa perpulangan di PMDG dilaksanakan secara bersama-sama perkonsulat atau perdaerah. Hal ini mengingatkan kita kembali pada nasehat K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A. beberapa tahun lalu, bahwa tujuan dari pengadaan perpulangan perkonsulat ini adalah untuk mendidik kebersamaan diantara para santri. “Ini tidak lain dan tidak bukan, adalah semata-mata untuk kebersamaan,” tutur beliau.Binhadjid

Popular Articles