Date:

Share:

Juara Umum GAM 3 Nasional, Gontor Ungguli Ratusan Pesaing

Related Articles

Kontingen Gontor Juara Umum

JAKARTA–Diikuti ratusan peserta dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia, termasuk Institut Studi Islam Darussalam (ISID) Pondok Modern Darussalam Gontor, Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menyelenggarakan acara Gebyar Apresiasi Mahakarya (GAM) 3 Nasional beberapa minggu yang lalu. Kegiatan yang berlangsung dari Ahad (18/11) hingga Rabu tersebut (21/11) mengangkat tema “Membumikan Mahakarya Peradaban Negeri Gurun Sahara”. Mengikuti enam perlombaan yang disediakan, kontingen dari ISID Gontor mampu mengungguli peserta dari perguruan tinggi lainnya dengan menjadi Juara Umum pada perhelatan ini.

Dari keenam lomba yang diikuti, kontingen ISID mampu menjuarai tiga lomba di antaranya. Ketiga lomba tersebut adalah Lomba Kaligrafi yang diwakili Hidayatul ‘Azizah, Lomba Mr. Language yang diwakili M. Hafiznul Ikhlas, dan Lomba Miss Language yang diwakili Fitri Setyorini. Sedangkan Wahyu Nurdiansyah yang mewakili ISID pada Lomba Puisi harus puas dengan meraih Juara II. Pada Lomba Pembaca Berita, dengan diwakili Fida’ Mushalim Afwan, ISID mampu mendapatkan Juara III. Sementara pada Lomba Debat Bahasa Arab, Eva Nurmalasari bersama Halimah As Sa‘diyah dan LP Nurjannah hanya dapat meraih Juara Harapan I.

Kontingen Menjenguk Ustadz Syukri

Secara keseluruhan, jumlah peserta yang terlibat mencapai 250 orang mahasiswa dan mahasiswi. Selain dari Gontor, para peserta tersebut berasal dari UNJ sendiri, kemudian dari Universitas Indonesia (UI), Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah Dirosat Islamiyah, UIN Malang, UIN Yogyakarta, UIN Cirebon, UIN Lampung, La Tansa Banten, Nurul Jadid Probolinggo, Lembaga Kaligrafi (Lemka), Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), UIN Bandung, UIN Surabaya, UIN Lampung, Universitas Islam Jakarta, Daar El Qalam, dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA) Jakarta.

Sementara itu, pada waktu yang hampir bersamaan, Gontor juga memberangkatkan satu kontingen ke Universitas Negeri (UN) Malang untuk mengikuti kegiatan Pekan Arabi Nasional. Selain Gontor, pihak penyelenggara juga mengundang sejumlah perguruan tinggi lainnya yang meliputi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Walisongo Semarang, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, UIN Syarif Hidayatullah, UIN Malang, UIN Yogyakarta, UIN Alauddin Makassar, La Tansa Banten, An Nuqoyah Madura, Al-Amin Prenduan Madura, dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Surakarta. Kegiatan ini berlangsung selama lima hari, dari Selasa (20/11) hingga Sabtu (24/11), bertempat di Aula Fakultas Sastra UN Malang.

Pada acara yang bertemakan “Ungkapan Cinta Bahasa Arab di Era Globalisasi” ini, kontingen Gontor mengikuti dua macam perlombaan, yaitu Lomba Debat Bahasa Arab dan Lomba Membaca Puisi. Pada lomba debat, Gontor mengikutsertakan dua kelompok debat. Kelompok pertama yang diwakili Kharis Budi Cahyono dan Muspiandi berhasil meraih Juara II, sedangkan kelompok kedua yang diwakili Novan Mirza bersama Alla Khoiri hanya mampu meraih Juara III. Namun demikian, Muhammad Nur Kurniawan yang mewakili ISID Gontor dalam lomba pembacaan puisi mampu membawa pulang kemenangan dengan meraih Juara I. shah wa

Popular Articles