Date:

Share:

JMQ Selenggarakan Tahsinu Qiro’atil Qur’an

Related Articles

GONTOR – Guna memperbaiki kualitas bacaan al-Qur’an para santri, Jam’iyyatu-l-Qurro (JMQ) Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mengadakan Tahsinu Qiro’atil Quran (pelatihan membaca al-Qur’an). Pelatihan yang dilaksanakan di Masjid Jami’ PMDG ini diadakan selama 5 hari, yakni hari Ahad-Kamis (3-7/3).

Adapun peserta pelatihan ini berjumlah 300 orang, terdiri dari kelas 5 dan 6 Kulliyatu-l-Mu’allimina-l-Islamiyyah. “Dalam pelaksanaannya, kami bekerja sama dengan Pesantren Ilmu Qur’an (PIQ) yang berasal dari kota Malang,” tutur Ustadz Ahmad Rifa’i selaku ketua panitia tahun ini.

Pelatihan ini dilakukan sebagai bentuk upaya peningkatan kualitas bacaan al-Qur’an santri. Menurut Ustadz Wahyu Septrianto, sistem pelatihan dua tahun terakhir ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. “Pelatihan ini dikhususkan bagi santri yang lemah membaca al-Qur’an, agar mereka dapat memperbaiki bacaan mereka. Adapun materi yang diajarkan meliputi: Murottal, Tajwid, Makharij al-Huruf, dan ayat-ayat gharibah,” tutur Ustadz Wahyu yang juga merupakan salah satu panitia dalam pelatihan ini.

Pada pembukaan pelatihan ini, K.H. Syarif Abadi mengatakan, “Sebaik-baik kamu adalah yang belajar al-Qur’an dan mengajarkannya.” Maka diharapkan, setelah pelatihan ini para peserta mampu menularkan ilmu kepada teman-temannya. “Karena ilmu yang disembunyikan dan tak diajarkan akan hilang dan tak bermanfaat. Berbeda dengan orang yang selalu mengajarkan segala ilmunya, ia akan lebih mengerti dan memahami ilmu tersebut,” lanjut beliau di tengah-tengah sambutan pembukaan pelatihan ini.Sazza

 

 

Popular Articles