Date:

Share:

Jelang Ujian, Hawa Dingin Usik Santri

Related Articles

"Pendidikan"GONTOR—Pelaksanaan Ujian Akhir Tahun 1432 bagi siswa Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) tinggal menghitung hari, tepatnya akan dimulai pada hari Ahad (26/6) mendatang. Seakan menyambut kedatangan masa-masa ujian, hawa dingin dengan disertai hembusan angin menusuk tulang mengusik ketenangan santri Pondok Modern Darussalam Gontor yang sibuk belajar. Hawa dingin tidak hanya menghampiri penghuni Darussalam pada malam hari, akan tetapi hampir sepanjang hari walaupun tidak sedingin malam hari. Namun, kondisi cuaca yang kerap datang menjelang akhir tahun ajaran ini tidak mengurangi semangat para santri untuk terus membuka lembaran demi lembaran buku pelajaran mereka.

Untuk mengatasi cuaca seperti ini, setiap santri memiliki caranya masing-masing. salah satu cara yang dilakukan adalah melakukan olahraga ringan semacam push-up dan sit-up. “Terkadang, kalau saya kedinginan, saya akan melakukan beberapa olahraga ringan untuk menghangatkan badan. Bisa dengan push-up atau sit-up,” ucap Ruslam Mahpuz, salah satu siswa kelas 3 KMI yang berasal dari Bengkulu.

Memang, jika ujian sudah di ambang pintu, tidak ada satu halangan pun bagi santri Gontor yang bisa dijadikan alasan untuk tidak belajar. Bahkan, kalaupun harus terbaring sakit di kamar, setiap santri akan tetap diwajibkan mengikuti ujian. Maka, para santri Gontor berpedoman pada kata bijak, “Gunakanlah waktu selagi sehat sebelum datang waktu sakit, dan gunakanlah kesempatan sebelum datang kesempitan.” Toms

 

Popular Articles