Date:

Share:

Jelang Lomba Vocal Group, Para Wali Kelas Siap Beradu Kreativitas

Related Articles

Grup vokal dari siswa Kelas 3 KMI sedang berlatih.
Grup vokal dari siswa Kelas 3 KMI sedang berlatih.

KAMPUNG DAMAI–Persiapan menghadapi Lomba Vocal Group Antarkelas menyisakan beberapa hari lagi. Acara yang diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan Hari Raya Idul Adha 1434 tersebut dijadwalkan pada hari Selasa (15/10) mendatang. Saat ini, para wali kelas Kulliyatu-l-Mu‘allimin Al-Islamiyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor dari Kelas 1–4 KMI sibuk mempersiapkan kelas mereka masing-masing untuk berkompetisi menampilkan yang terbaik pada even tahunan ini. Sementara kakak-kakak kelas mereka yang baru saja menyelenggarakan Pagelaran Apresiasi Seni Drama Arena (DA) dan Panggung Gembira (PG), dari siswa Kelas 5 dan Kelas 6, akan berpartisipasi menyemarakkan acara ini, tapi bukan sebagai peserta lomba, melainkan sebagai penyemarak hiburan yang biasanya tampil di penghujung acara. Siswa Kelas 5 akan tampil dengan kombinasi acara-acara menarik dari DA mereka, demikian juga halnya dengan siswa Kelas 6, mereka kembali hadir dengan sejumlah acara PG yang senada dengan lomba ini.

Lomba olah vokal dengan paduan suara yang dikombinasikan dengan berbagai variasi gerakan dari para pesertanya ini amat dinantikan segenap penghuni Darussalam. Pada perlombaan ini, terlihat kreativitas tiap-tiap angkatan kelas yang dimotori para wali kelas. Mereka beradu Kekompakan dan kebersamaan dalam keceriaan di setiap lagu yang mereka nyanyikan, berpadu dengan kostum-kostum menarik yang mereka kenakan, sungguh menambah ketertarikan para penonton. Tidak mengherankan, perlombaan ini menjadi acara yang paling ditunggu-tunggu warga pondok dari kalangan santri hingga guru-guru setelah Pagelaran Seni DA dan PG. Bisa dikatakan, secara tidak langsung, lomba ini merupakan ajang kompetisi para wali kelas.

Saking bergengsinya acara ini, segenap wali kelas dari setiap angkatan rela mengorbankan waktu dan tenaganya untuk mendampingi anak didik mereka dalam setiap latihan, yang digelar pada pagi dan sore hari. Mereka berbagi tugas. Ada yang melatih vokal para peserta yang jumlahnya bisa mencapai 60 orang anak. Ada juga yang bertugas melatih gerakan-gerakan variatif dan atraktif. Serta, ada juga di antara mereka yang bertanggung jawab mendampingi para musikus menyesuaikan musik dengan lagu-lagu yang dibawakan. Tidak hanya itu, sebagian dari mereka mendapatkan tugas untuk mencari kostum yang akan dikenakan para peserta pada penampilan di hari H nanti.

Di samping itu, selain kategori vocal group, perlombaan ini juga terdiri dari kategori nasyid. Maka, selain tampil dengan grup vokal, setiap angkatan kelas juga berunjuk kebolehan melalui grup nasyid yang dibentuk para wali kelas mereka. Grup nasyid yang hanya terdiri dari empat sampai lima atau enam orang anak tersebut berlatih terpisah dari grup vokal karena mereka juga akan tampil secara terpisah. Biasanya, grup nasyid dari suatu kelas tampil setelah penampilan grup vokal dari angkatan kelas yang sama. Karena berbeda kategori, penilaian keduanya pun dilakukan secara terpisah. Bisa jadi, pemenang kategori vocal group berbeda dengan pemenang kategori nasyid. Menarik untuk ditunggu, angkatan kelas berapakah yang akan menjadi Juara Umum pada tahun ini? Para juara akan segera kita ketahui pada Idul Adha nanti. shah wa

1 COMMENT

  1. sy sngat mendukung kegiatan tersebut. Pasti anak sy termasuk didalamnya. Kelas I intensif E ( Aligarh 12 )

Comments are closed.

Popular Articles