Date:

Share:

Jalan Empat Secondary School Selangor Kunjungi Gontor

Related Articles

Ustadz H. Agus Budiman, M.Ag. memberikan pengarahan tentang Gontor
Ustadz H. Agus Budiman, M.Ag. memberikan pengarahan tentang Gontor

DARUSSALAM–Jalan Empat Secondary School Bandar Baru Bangi Selangor, salah satu sekolah berkualitas di Malaysia, pada hari Sabtu–Selasa (16–19/11) siang, berkunjung ke Pondok Modern Gontor Putri 1 dan Pondok Modern Darussalalm Gontor Pusat. Rombongan yang terdiri dari 17 orang guru dan 9 orang murid tersebut sangat antusias mengikuti setiap agenda yang telah disusun rapi oleh panitia.
Pada Sabtu (18/11) sore, rombongan tiba di Gontor Putri 1, disambut dengan hangat oleh Ustadz Abdul Munif, S.Ag. Setelah makan malam, rombongan dan panitia kemudian berkeliling melihat proses belajar terbimbing pada malam hari di kampus Gontor Putri 1. Dengan ini, mereka berkesempatan mempelajari bagaimana Gontor mengatur santri, mengawasi, dan membimbing para santri dalam belajar di malam hari.
Keesokan harinya, Ahad (19/11) pagi, mereka menyaksikan bagaimana kegiatan “tabkir” (masuk kelas tepat waktu) berjalan dengan baik. Didampingi panitia, para tamu melanjutkan kegiatannya dengan keliling kelas, melihat proses belajar mengajar di masing-masing kelas. Pukul dua belas siang, rombongan tamu ini menyudahi kegiatannya untuk mempersiapkan diri sebelum bertolak ke Gontor Pusat.
Pukul lima sore, rombongan pun tiba di Gontor Pusat. Pada malam harinya, panitia mengajak rombongan tamu untuk melihat salah satu kegiatan penting di pondok ini, yaitu latihan pidato. Pada malam itu, setiap santri berpakaian putih bergerak menuju tempat latihan pidato masing-masing. Beberapa santri mengenakan jas dan dasi, menandakan bahwa dialah orator pada malam itu. Dengan suara yang lantang, setiap orator menyampaikan materi pidatonya yang disampaikan dalam bahasa Inggris. Decak kagum dan pujian pun terlontar dari mulut para tamu, menyaksikan santri-santri kecil ini mampu berpidato bahasa Inggris di depan teman-temannya.

Ustadz H. Agus Budiman, M.Ag. mendampingi para tamu berkeliling komplek Gontor Pusat
Ustadz H. Agus Budiman, M.Ag. mendampingi para tamu berkeliling komplek Gontor Pusat

Senin (18/11) pagi, agenda mereka adalah mempelajari sistem pendidikan di Gontor Pusat yang tentunya tidak jauh berbeda dengan sistem yang ada di Gontor Putri 1. Didampingi oleh Ustadz H. Agus Budiman, M.Ag., mereka menyusuri komplek Gontor Pusat. Pada siang harinya, para tamu mengunjungi salah satu unit usaha yang dimiliki oleh Gontor Pusat, La-Tansa Book Store, untuk menghabiskan waktu siang mereka dengan berbelanja berbagai macam buku.
Pada malam harinya, panitia mengagendakan pertemuan dengan santri-santri asal Malaysia yang sedang nyantri di Gontor Pusat, dengan dilengkapi pengarahan dan penjelasan tentang Gontor oleh Ustadz H. Agus Budiman, M.Ag. Pada kesempatan itu pula, rombongan tamu Malaysia mempersembahkan nasyid yang dinyanyikan oleh empat orang siswa dari rombongan mereka.
“Selama 88 tahun umur perjuangan pondok bukanlah waktu yang singkat untuk membangun sebuah peradaban yang Islami. Banyak keringat yang terkucur, darah yang menetes, harta yang terkuras, bahkan nyawa yang dikorbankan untuk menjaga agar bendera Islam tetap berkibar. Terus berjuang dan terus memperbaiki diri dengan segala kekurangan yang ada dan halangan yang menghadang, menjadi kunci perjuangan Pondok Modern Darussalam Gontor,” demikian Ustadz H. Agus Budiman, M.Ag. mengakhiri arahannya.
Hari Selasa (19/11) adalah hari terakhir mereka di Gontor dalam kunjungan kali ini. Sebelum mereka bertolak ke Bandara Juanda Surabaya, mereka menyempatkan diri berkunjung ke Gontor 2 dan ISID. farouq

2 COMMENTS

  1. Alhamdulillah. Saya antara peserta yang menyertai program yang begitu bermanfaat ini. Semoga satu hari nanti saya akan ke sana kembali. Salam Ukhuwah Dari Malaysia.

Comments are closed.

Popular Articles