Date:

Share:

Jaga Miliu Belajar, Program “Keliling Malam” Berjalan

Related Articles

"Pendidikan"GONTOR — Menjelang pelaksanaan Ujian Akhir Tahun Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) periode 1432/2011 yang akan dimulai Ahad (26/6) mendatang, Pondok Modern Darussalam Gontor menghimbau segenap santrinya untuk tidak memikirkan hal-hal lain selain belajar. Himbauan ini ditandai dengan penutupan seluruh kegiatan ekstrakurikuler dan mulai berjalannya program “Keliling Malam”. Kegiatan ekstrakurikuler secara serempak berhenti sejak dimulainya Ujian Pelajaran Sore, sedangkan program “Keliling Malam” baru dimulai Sabtu (18/6) malam.

Program yang dicanangkan KMI Pondok Modern Darussalam Gontor ini merupakan pengganti program al-ta’allum al-muwajjah (belajar malam terbimbing bersama wali kelas-red). Keduanya sama-sama berlangsung sehabis shalat Isya’, selama satu jam lebih, pukul 20.00 — 21.30 WIB. Bedanya, jika pada program al-ta’allum al-muwajjah para santri belajar di bawah bimbingan wali kelas masing-masing di tempat tertentu, kini mereka tidak hanya dipantau para wali kelas, akan tetapi seluruh guru KMI berkeliling mengawasi dan membimbing belajar mereka di seluruh area kampus Pondok Modern Darussalam Gontor.

Pada saat inilah mereka dapat bertanya sepuas-sepuasnya kepada para guru yang mereka temui. Sehingga, pelajaran yang belum dipahami dengan baik sewaktu belajar di kelas dapat dimengerti saat itu juga. Inilah salah satu tujuan program “Keliling Malam” di samping bertujuan untuk menciptakan miliu belajar santri. Dengan demikian, tampaklah keramaian santri-santri yang bertanya dan guru-guru yang menjawab pertanyaan mereka di bawah benderang cahaya lampu yang terpasang di mana-mana. Suasana belajar yang sungguh sulit menyaksikannya di tempat lain.

Memang, para santri diberi kebebasan belajar di mana saja, asalkan jangan sampai ke luar area kampus Pondok Modern Darussalam Gontor. Selain itu, pada saat ”Keliling Malam” berlangsung, setiap santri tidak diperbolehkan berada di dalam kamar asrama masing-masing. Mereka wajib belajar di luar kamar dan di lantai bawah. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pengawasan dan mencegah penyakit kantuk yang bisa datang kapan saja.

Dengan adanya program ini, Gontor berharap santri-santrinya mampu mempersiapkan diri dengan baik sebelum ‘berperang’ di ruang ujian nanti. Jika mereka telah siap lahir dan batin, mereka bisa melewatinya dengan baik dan berbuah keberhasilan. shah wa

 

Popular Articles