Date:

Share:

Implementasi Panca Jangka, Siswa Kelas 5 KMI Jabat Pengurus OPPM

Related Articles

GONTOR – Implementasi dari Panca Jangka kedua Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), yaitu Kaderisasi, K.H. Hasan Abdullah Sahal, Pimpinan dan Pengasuh PMDG, Ahad (2/3) malam, melantik 190 orang Siswa Kelas 5 KMI Pondok Modern Darussalam Gontor menjadi Pengurus Baru Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM). Pelantikan Pengurus OPPM baru yang diadakan di Balai Pertemuan Pondok tersebut, dilaksanakan di hadapan seluruh santri PMDG dan Guru KMI.

K.H. Hasan Abdullah Sahal menyampaikan nasehat terkait pergantian pengurus OPPM.
K.H. Hasan Abdullah Sahal menyampaikan nasehat terkait pergantian pengurus OPPM.

“Keorganisasian adalah fenomena kemodernan. Masyarakat yang berorganisasi adalah masyarakat modern,” tutur K.H. Hasan Abdullah Sahal di sela-sela nasehat kepada seluruh santri PMDG.

Selain itu, beliau juga mengingatkan kepada seluruh pengurus baru OPPM, agar berfikir dan bertindak secara sistematis dan tidak asal-asalan. Karena bergerak secara dinamis dan sistematis, adalah ciri-ciri orang modern. Menurut Kiai Hasan, yang terpenting adalah orang yang modern, bukan sistem atau disiplin yang modern. Karena sistem modern, terlahir dari orang-orang yang berjiwa modern.

Pelantikan tersebut dilaksanakan usai Laporan Pertanggungjawaban dari tiap-tiap bagian OPPM yang dibagi dalam 3 babak. Laporan Pertanggungjawaban Babak I, dilaksanakan pada Sabtu (28/2) malam. Adapun Laporan Babak II dan III, dilaksanakan pada Ahad (1/3) pagi dan malam.

Setelah Pergantian Pengurus OPPM, pada Senin (2/3) pagi, dilaksanakan Laporan Pertanggungjawaban dari tiap-tiap Andalan Koordinator Gerakan Pramuka Gugus Depan 15089 yang dilanjutkan dengan Serah Terima Amanat pada malam harinya.binhadjid

Popular Articles