Date:

Share:

‘Ikhtibar’: Mengukur Hasil Belajar

Related Articles

Suasana pelaksanaan ulangan umum akhir tahun
Suasana pelaksanaan Ikhtibar Akhir Tahun

DARUSSALAM–Sebagai kegiatan rutin yang diadakan di setiap semester kedua tahun ajaran, Ulangan Umum Akhir Tahun atau biasa disebut ikhtibar telah dimulai sejak Sabtu (15/3) kemarin. Ikhtibar ini diikuti segenap siswa dari Kelas 1–5 Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG). Sedangkan siswa-siswa Kelas 6 yang tidak lama lagi akan berkutat dengan padatnya rangkaian ujian akhir masih aktif mengikuti kegiatan belajar di kelas. Minggu ini adalah hari-hari terakhir mereka masuk kelas. Dengan berakhirnya ikhtibar, berakhir pula kegiatan belajar mengajar untuk seluruh siswa Kelas 6 karena mereka akan berkonsentrasi menghadapi ujian praktik mengajar, ujian lisan, dan ujian tulis.

Sementara itu, pada pelaksanaan ikhtibar kali ini terdapat sedikit perbedaan dibandingkan ikhtibar-ikhtibar sebelumnya, yaitu pada jadwal dan hari yang digunakan. Jika pada setiap ikhtibar sebelumnya kegiatan ini dilaksanakan selama lima hari (Sabtu–Rabu), maka kali ini dilaksanakan dalam waktu enam hari, terhitung mulai Sabtu (15/3) hingga Kamis (20/3). Penyebabnya adalah adanya acara Peringatan Peristiwa Sembilan Belas Maret (Persemar) di antara hari-hari pelaksanaan ikhtibar kali ini, yaitu pada hari kelima, Rabu (19/3) pagi.

Oleh karena itu, pada hari Rabu tersebut, ikhtibar yang biasanya memiliki alokasi waktu per hari dengan tiga jam pelajaran untuk diujikan hanya menggunakan satu jam pelajaran saja. Sementara materi jam kedua dan ketiga dialihkan ke hari Kamis (20/3), pada jam pertama dan kedua.

Seiring dengan diadakannya ikhtibar di akhir tahun ajaran ini, diharapkan para siswa KMI dari Kelas 1–5 sedini mungkin telah mempersiapkan dirinya masing-masing untuk menghadapi Ujian Akhir Tahun yang akan dilaksanakan setelah selesainya Ujian Akhir Kelas 6 beberapa bulan ke depan. Hasil ikhtibar ini juga bisa menjadi tolak ukur kemampuan siswa Kelas 1–5 KMI dalam memahami pelajaran yang diajarkan di kelas, sehingga bisa dijadikan bahan evaluasi bagi guru-guru dan para siswa untuk meningkatkan prestasi belajar pada Ujian Akhir Tahun nanti. fei

Popular Articles