Date:

Share:

Idul Adha 1434, Gontor Sembelih 700 Lebih Hewan Kurban

Related Articles

Shala Idul Adha berjamaah di halaman Masjid Jami'
Shalat Idul Adha berjamaah di depan Masjid Jami’

GONTORAllahu akbar…! Allahu akbar…! Allahu akbar…! La ilaha illallahu wallahu akbar…! Takbir bersahut-sahutan kembali terdengar menggema di berbagai pelosok negeri, mengagungkan kebesaran Allah SWT di hari nan suci, Idul Adha 1434 Hijriah yang jatuh pada hari Selasa (15/10) ini. Seperti halnya umat Islam di seluruh penjuru dunia, segenap santri Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) menyambutnya dengan suka cita. Bersama masyarakat sekitar, ribuan santri menunaikan shalat Ied berjamaah yang diimami Pimpinan Pondok, K.H. Hasan Abdullah Sahal, di halaman Masjid Jami‘ PMDG. Sementara Wakil Direktur Kulliyatu-l-Mu‘allimin Al-Islamiyah (KMI), H. Farid Sulistyo, Lc., bertugas menyampaikan khutbah Ied pada kesempatan ini.

Selepas shalat Ied, K.H. Hasan Abdullah Sahal berkesempatan menyampaikan ungkapan kesyukuran atas segala karunia dan nikmat Allah SWT terhadap pondok yang kini telah berusia 88 tahun ini. Hingga saat ini, kepercayaan masyarakat terus meningkat. Ribuan calon pelajar dari berbagai pelosok Nusantara terus berdatangan untuk menimba ilmu dan pendidikan di pondok yang didirikan pada tahun 1926 ini. Bahkan, calon pelajar dari luar negeri, terutama dari negara-negara tetangga, banyak yang berminat menjadi santri Pondok Modern Darussalam Gontor. Sebagai wujud kesyukuran, Gontor terus berbenah meningkatkan kualitas di segala bidang untuk mencetak kader-kader pemimpin umat di masa depan.

Pada kesempatan ini, Pimpinan Pondok juga bersyukur atas segala rezeki berlimpah lagi penuh berkah dari Allah SWT di Hari Raya Kurban ini, sehingga pondok masih bisa menyembelih hewan-hewan kurban untuk dibagikan kepada masyarakat. Pada tahun ini, jumlah hewan kurban yang disembelih di Gontor Pusat sendiri mencapai 226 ekor, terdiri dari 22 ekor sapi, 77 ekor kambing, dan 127 ekor domba. Sementara hewan kurban di seluruh Pondok Cabang berjumlah 482 ekor yang terdiri 322 ekor kambing dan 160 ekor sapi. Secara total, hingga berita ini ditulis, hewan kurban yang diterima Pondok Modern Darussalam Gontor pada Idul Adha 1434 ini sebanyak 708 ekor meliputi 399 ekor kambing, 182 ekor sapi, dan 127 ekor domba.

Ratusan hewan kurban tersebut tidak hanya berasal dari santri dan wali santri. Sejumlah alumni dan beberapa anggota masyarakat juga ikut berkontribusi menjalankan ibadah kurban di Pondok Modern Darussalam Gontor. Bahkan, salah seorang alumni Gontor yang kini tengah mengelola sebuah lembaga pendidikan di Singapura, Ghazali, turut serta berkurban sebanyak 27 ekor kambing untuk almamaternya, Pondok Modern Darussalam Gontor tercinta.

Selain diramaikan dengan penyembelihan hewan-hewan kurban, Idul Adha di Gontor makin semarak dengan Lomba Vocal Group Antarkelas yang diselenggarakan setelah shalat Ied berjamaah. Dengan inilah segenap santri menikmati lebaran mereka di pondok, walaupun jauh dari keluarga dan kampung halaman. shah wa

Popular Articles