Date:

Share:

Grand Mufti Suriah Dukung Perjuangan Gontor

Related Articles

DARUSSALAM—Untuk kedua kalinya, Grand Mufti Suriah, Sheikh Dr. Ahmad Badruddin Hassoun, berkunjung ke Pondok Modern Darussalam Gontor dalam rangka mempererat tali silaturrahim yang sudah terjalin sejak dua tahun lalu. Pada kunjungannya kali ini, Ahad (11/10) siang, selain bersama istri dan seorang putra, beliau juga didampingi Duta Desar (Dubes) Indonesia untuk Suriah, H. M. Muzammil Basyuni, yang juga merupakan salah satu alumni Gontor.

Di hadapan ketiga Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, Dr. K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A., K.H. Hasan Abdullah Sahal dan K.H. Syamsul Hadi Abdan, S.Ag., beliau menyatakan dalam sambutannya bahwa putra-putri Gontor sungguh mempunyai dedikasi yang tinggi dalam pengabdiannya untuk umat. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya alumni Gontor yang berkiprah di berbagai bidang kehidupan dengan segala prestasi mereka. “Ya, lihatlah alangkah hebatnya perjuangan dan pengabdian santri-santrimu, wahai saudaraku!” ungkap beliau dalam bahasa Arab yang fasih ditujukan kepada Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor.

Setelah mengadakan acara pertemuan dengan seluruh asatidz dan santri se-Darussalam di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM), rombongan yang juga terdiri dari Prof. Dr. Atho Mudzhar, kepala Balitbang dan Diklat Depag Pusat, dan beberapa staf Departemen Luar Negeri (Deplu) tersebut bertolak ke Gontor Putri. Sebelum berangkat, rombongan terlebih dahulu dipersilakan Pimpinan Pondok Modern untuk menikmati jamuan makan siang yang disediakan panitia di aula gedung Aligarh. Saat itu, nampak sekali keakraban yang terjalin antara kedua belah pihak. Dengan pembawaannya yang hangat, Sheikh Ahmad Badruddin Hassoun bergandengan tangan dengan Dr. K.H. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A. sembil berbincang-bincang ringan menuju tempat jamuan yang telah ditentukan.

Kemudian berangkatlah rombongan menuju Gontor Putri yang berlokasi di Karangbanyu dan Mantingan. Selain ingin bersua dengan para santriwati, Sheikh Dr. Ahmad Badruddin Hassoun juga berniat meninjau Masjid Khadijah yang terletak di Gontor Putri 3. Masjid yang baru berdiri tersebut merupakan hasil sumbangsih beliau untuk Gontor Putri 3 yang sebelumnya belum memiliki masjid pada kunjungan pertama beliau ke sana dua tahun silam.

Esoknya, Senin (12/10) pagi, setelah mengadakan kunjungan ke Gontor, rombongan berangkat ke Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga sekaligus ke Universitas Gajah Mada (UGM) untuk bertemu rektor sekaligus menggelar orasi ilmiah di depan seluruh mahasiswa di sana. Setelah itu, barulah rombongan mengadakan kunjungan ke Candi Borobudur dan Candi Prambanan sebelum berangkat ke Bandara Adi Sucipto sorenya.
 

Popular Articles