Date:

Share:

Gontor Putri 2 Perkaya Wawasan Keilmuan dengan Fathu-l-Kutub

Related Articles

Beberapa buku dalam program Fathu-l-Kutub Kelas 5
Beberapa buku dalam program Fathu-l-Kutub Kelas 5

MANTINGAN–Bertempat di Aula Beirut, Kulliyatul-l-Mu‘allimat Al-Islamiyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 2 mengadakan acara rutin tahunan bagi siswi Kelas 5 KMI berupa pelatihan membaca dan menelaah kitab-kitab klasik berbahasa Arab. Program yang dilaksanakan pada Sabtu–Rabu, 15–19 Februari 2014, ini dikenal dengan istilah Fathu-l-Kutub.

Kegiatan yang diikuti seluruh siswi Kelas 5 KMI Gontor Putri 2 sejumlah 95 orang ini bertujuan memperkenalkan kitab-kitab klasik berbahasa Arab karya para ulama salaf, sehingga mereka tidak merasa asing dan canggung terhadap rujukan ulama-ulama zaman sekarang tersebut. Dengan menelaah kitab-kitab ini, para peserta Fathu-l-Kutub dapat memperkaya wawasan keilmuan mereka meliputi ilmu Hadits, Tauhid, dan Fiqh. Di samping itu, para peserta yang terbagi menjadi delapan kelompok tersebut juga diharapkan mampu meningkatkan kemampuan bahasa Arab mereka dengan banyak membaca buku-buku literatur klasik berbahasa Arab.

Acara ini dimulai dengan beberapa pembekalan dari Wakil Direktur KMI Gontor Putri 1, K.H. Ahmad Suharto, M.A., dan beberapa guru senior lainnya tentang cara membuka dan membaca kitab-kitab klasik yang sudah disediakan panitia, Sabtu (15/2).

Pada hari berikutnya hingga Selasa (18/2), para peserta mulai membaca dan menelaah kitab-kitab yang ada. Setelah memahami dengan baik berbagai hukum Islam dan permasalahan yang dibahas, baik klasik maupun kontemporer, mereka diberikan waktu untuk presentasi dan diskusi. Program ini diakhiri dengan acara Diskusi Umum dengan tema “Fiqh Nisaa” berjudul “Al-Mar‘ah al-‘Aamilah” (‘hukum wanita karir’) pada hari terakhir, Rabu (19/2) pagi.

Sebelum penutupan, panitia mengumumkan para peserta terbaik pada Fathu-l-Kutub Kelas 5 tahun ini. Mereka adalah Wardiyatul Husna dari Kelas 5B, terpilih sebagai peserta dengan nilai pembahasan dan diskusi tertinggi, serta Nafa Selfina dari 5C dan Maulida Izzatul Amin dari 5B, terpilih sebagai peserta teraktif. data_gp2

 

Popular Articles