Date:

Share:

Gontor Gelar Lomba Pidato Bahasa Indonesia

Related Articles

GONTOR–Salah satu orientasi Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) dalam mendidik santrinya adalah kemasyarakatan. Bagaimanapun juga, masyarakat adalah tempat pengabdian selanjutnya bagi alumni Gontor usai lulus dari lembaga pendidikan ini. Untuk itu, Gontor membekali santri-santri dengan kemampuan berorasi.

Anugrah Putra (1L), asal Jakarta, tengah berorasi di podium.
Anugrah Putra (1L), asal Jakarta, tengah berorasi di podium.

Diselenggarakanlah Lomba Pidato Bahasa Indonesia pada Kamis (29/1) malam agar para santri terdidik menjadi “mundziru al-qaum” (‘orang yang mengingatkan umat’). Sehingga, mereka mampu melanjutkan perjuangan Nabi Muhammad Saw untuk menyampaikan risalah suci Agama Islam, yang berani berkata “iya” di waktu “iya”, dan berkata “tidak” di waktu “tidak”.

Acara yang digelar di Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM) tersebut diikuti oleh 9 kontestan, utusan dari siswa-siswa Kelas 14 Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI). Pidato yang mereka sampaikan mengarah kepada tema yang telah disepakati panitia pelaksana dari Kelas 3 Intensif dan Kelas 4 KMI, yaitu “Perjuangan”. Dengan mengusung tema ini, kepanitiaan yang dikoordinasi Bagian Pengajaran Organisasi Pelajar Pondok Modern (OPPM) itu berharap melahirkan para pejuang fi sabilillah, yang selalu ikhlas tanpa pamrih.

“Hakikat pidato bukan sekadar suara keras dan semangat saja, namun apa yang keluar dari hati dan pikiran,” tutur Ustad Taufiq Affandi, salah seorang guru senior yang bertugas mewakili Pimpinan Pondok membuka acara lomba pidato kali ini.

Walaupun pembukaan acara sudah diwakilkan, K.H. Hasan Abdullah Sahal tetap menyempatkan diri hadir pada acara ini. Beliau ingin memberikan perhatian lebih terhadap segenap anak didiknya dengan menyaksikan langsung penampilan mereka di atas podium.

Di akhir lomba, kontestan dari Kelas 3 Intensif L, Berta Jaya,  berhasil meraih Juara Isiswa Kelas 3 Intensif L. Juara II diraih oleh Anugrah Putra, siswa Kelas 1L. Sedangkan Oskar Andika dari Kelas 1 Intensif F menyabet Juara III. shaz

Popular Articles