Date:

Share:

Gontor Bekali Kader Pemimpin Umat dengan Gerakan Pramuka

Related Articles

Darussalam — Kegiatan Kepramukaan merupakan suatu hal yang tak bisa dipisahkan dari Pondok Modern Darussalam Gontor. Sejak berdirinya, Gontor telah memberikan perhatian yang besar terhadap kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk membangun karakter dan jiwa kepemimpinan dalam diri santrinya. Salah satunya adalah kegiatan kepanduan yang sekarang bernama Gerakan Pramuka. Kegiatan kepramukaan merupakan ekstra-kurikuler yang wajib diikuti oleh seluruh santri PMDG. Suka maupun tidak, setiap anak dituntut untuk berkecimpung dalam kegiatan rutin setiap hari kamis siang tersebut. Berseragam lengkap dan bernyanyi bersama menjadi ciri khas para Pramuka yang selalu terlihat riang dalam setiap aktivitasnya.

DSC_0139
Ribuan Santri PMDG Mengikuti Upacara Pembukaan Kegiatan Kepramukaan Semester Kedua

Kamis (22/12) kegiatan kepramukaan di Gontor diaktifkan kembali, setelah kurang lebih satu setengah bulan para santri difokuskan dan disibukkan dengan Ujian Semester pertama. Upacara pembukaan kegiatan kepramukaan ini dilaksanakan di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM), dan diikuti oleh seluruh adika dan pembina Gugus Depan 15089. Bertindak sebagai insperktur upacara yakni Al Ustadz Sunarto, S.Ag. Dalam pidhatonya, beliau menyampaikan bahwasanya Gerakan Pramuka/ Kepanduan ada bersamaan dengan lahirnya Pondok Modern Darussalam Gontor, sehinggga peran Gerakan Pramuka dalam proses pendidikan di Gontor sangatlah besar. ”Pramuka bukanlah sekedar hura-hura atau bersenang-senang saja, tetapi merupakan wadah untuk memupuk kebersamaan dan jiwa kepemimpinan,” Tegas beliau.
Tidak bisa dipungkiri bahwa Gerakan Pramuka Gontor telah menelurkan tokoh-tokoh yang mampu memimpin umat, baik tingkat daerah maupun nasional. Salah satu alumni Gontor yang dulu aktif dalam kegiatan kepramukaan adalah Dr. H. Hidayat Nur Wahid, M.A, wakil ketua MPR-RI saat ini. Bahkan, ketika duduk di kelas 6 KMI (setingkat dengan kelas 3 SMA), beliau menjabat sebagai Ankuset (Andalan Koordinator Urusan Kesekretariatan) dalam Koordinator Gerakan Pramuka PMDG. Kepiawaiannya dalam memimpin organisasi, baik Partai Politik maupun Lembaga Tinggi Negara tak lepas dari pengalamannya ketika bergerak dalam kegiatan kepramukaan di Gontor. Semoga dengan terus berjalannya pendidikan melalui Gerakan Pramuka, Gontor dapat melahirkan calon-calon pemimpin umat di masa yang akan datang. Tentunya, menjadi pemimpin muslim yang jujur dan adil, serta cerdas dalam membawa rakyatnya ke arah kebaikan.Brada89

Popular Articles