Date:

Share:

Gontor 2 Raih Juara Umum Dalam Olimpiade Muharram

Related Articles

Salah satu suasana perlombaan di Olimpiade Muharram
Salah satu suasana perlombaan di Olimpiade Muharram

MADUSARI–Dalam rangka memeriahkan acara kemahasiswaan di bulan Muharram ini, Gontor 2 terpilih menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan acara tahunan antar kampus Institut Studi Islam Darussalam (ISID), yaitu Muharram Olympiad. Acara yang berlangsung selama dua hari (Kamis–Jum’at/14–15 November) ini dibuka oleh Al-Ustadz Drs. H. Mulyono Jamal pada hari Kamis siang. Dalam pidatonya, beliau menyampaikan bahwa walaupun hanya dilaksanakan selama dua hari, namun yang terpenting adalah adanya nilai-nilai yang tertanam di dalamnya, antara lain adalah tradisi keilmuan.

Perlombaan ini terdiri dari beberapa kategori; antara lain intelektual, teknologi dan informasi, keterampilan, ketangkasan, dan spiritual. Adapun peserta perlombaan ini merupakan anggota pilihan dan utusan kampus-kampus Institut Studi Islam Darussalam Gontor dari setiap wilayah. Dengan bertemakan “Membangun Muslim Yang Intelek Melalui Teknologi, Keterampilan dan Ketangkasan yang Berlandaskan Iman Dan Taqwa”, acara ini mengundang antusias yang tinggi dari para mahasiswa tiap-tiap kampus.

Dari kategori intelektual, yang dilombakan adalah lomba debat interaktif tiga bahasa (Arab, Inggris, dan Indonesia), lomba resensi buku, lomba karya ilmiah, dan lomba opini. Dari kategori teknologi dan informasi yang dilombakan adalah lomba majalah dinding, lomba membuat profil ISID, lomba membuat short movie, dan lomba hunting fotografi. Dari kategori keterampilan dan seni yang dilombakan adalah beladiri, kaligrafi, dan mural.

Adapun kategori yang paling ramai diikuti oleh para mahasiswa adalah kategori ketangkasan, yang meliputi perlombaan sepak bola, basket, bola voli, sepak takraw, futsal, tenis meja, dan bulutangkis. Di samping itu ada juga kategori spiritual yang melombakan adzan dan iqomah, qira’ah mujawwadah, dan lomba nasyid.

Akhirnya kampus Gontor 2 keluar sebagai juara umum setelah berhasil mendominasi hampir seluruh perlombaan yang ada. Pemenang dimumumkan pada acara penutupan yang dilaksanakan pada hari Jum’at(15/11) malam di lapangan sintesa kampus Gontor 2 dengan perincian juara per-kategori sebagai berikut:
Bidang Spiritual
Gontor 3 (Juara 1) dan Gontor Pusat (Juara 2)
Bidang Intelektual
Gontor 2 (Juara 1) dan Gontor 3 (Juara 2)
Bidang Kesenian
Gontor 2 (Juara 1)
Bidang Kesenian
Gontor Pusat (Juara 1) dan ISID Siman (Juara 2)
Bidang Olahraga
ISID Siman (Juara 1) dan Gontor Pusat (Juara 2)
Bidang Teknologi dan Informasi
Gontor 2 (Juara 1) dan Gontor 6 (Juara 2)

Dengan hasil perlombaan di atas, maka para mahasiswa ISID kampus Gontor 2 berhak menjadi juara umum dengan total perolehan nilai sebesar 1.150, diikuti oleh ISID Siman dengan total nilai 1.015 dan kampus Gontor Pusat dengan nilai 920.

Diharapkan dengan terselenggaranya acara ini dapat menumbuhkan rasa Ukhuwah Islamiyah dan mengembangkan bakat, minat, prestasi, dan semangat sportifitas Mahasiswa Guru dan Mahasiswa Santri Institut Studi Islam Darussalam dalam aspek kegiatan kemahasiswaan yang bersifat akademis dan non-akademis.Fei

Popular Articles