Date:

Share:

Gerakan Pramuka Gugus Depan 15089 Resmi Beraktivitas

Related Articles

Upacara Pembukaan Kegiatan Pramuka
Upacara Pembukaan Kegiatan Pramuka

DARUSSALAM–Sehari setelah dimulainya pelajaran sore, Pondok Modern Darussalam Gontor membuka aktivitas kepramukaan pada Kamis (15/1) siang ini. Melalui upacara yang diikuti seluruh santri di depan Balai Pertemuan Pondok Modern (BPPM), Gerakan Pramuka Gugus Depan 15089 resmi dibuka oleh Ustadz H. Ismail Abdullah Budi Prasetyo, mewakili Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor.

Pimpinan Pondok beserta segenap guru benar-benar berupaya mewujudkan stabilitas pondok secepat mungkin setelah liburan. Satu per satu kegiatan ekstrakurikuler pada semester kedua Tahun Ajaran 1435-1436 ini mulai berjalan aktif. Miliu belajar segera dibentuk dengan dimulainya aktivitas Kulliyatu-l-Mu’allimin Islamiyah (KMI) pada Rabu (14/1) kemarin.

Masa belajar aktif pada semester kedua ini memang lebih singkat dibandingkan semester pertama. Waktu pun berjalan terasa lebih cepat karena dua bulan kemudian akan dilaksanakan Ujian Akhir Kelas 6 KMI untuk gelombang kedua, yang diawali dengan ujian praktik mengajar atau dikenal dengan istilah “tarbiyah ‘amaliyah”.

Sejumlah besar guru akan terlibat menjadi pembimbing pada ujian praktik mengajar yang dijalani siswa Kelas 6 tersebut, terutama guru tahun ke-5 dan guru tahun ke-6 hingga semua guru-guru senior. Keterlibatan guru-guru yang telah ditentukan ini berlangsung hingga Ujian Akhir Kelas 6 KMI selesai, kurang lebih hampir dua bulan.

Selama siswa Kelas 6 menjalani ujian, siswa-siswa KMI dari Kelas 1–5 tetap belajar aktif di kelas. Untuk mengatasi kekosongan pengajar di kelas-kelas yang gurunya disibukkan oleh Ujian Akhir Kelas 6 KMI, guru-guru nonsenior yang tidak terlibat akan mendapatkan jadwal mengajar tambahan secara tetap untuk menjadi pengajar di kelas-kelas tersebut. Kebijakan ini sangat penting karena setelah berakhir ujian yang dijalani Kelas 6 itu berakhir pula masa belajar aktif siswa Kelas 1–5. Dengan kata lain, masuk kelas sudah tidak ada lagi. Artinya, telah tiba Ujian Akhir Tahun untuk siswa Kelas 1 hingga Kelas 5 tepat setelah selesainya ujian yang dijalani kakak kelas mereka.

Itulah sedikit gambaran dinamika belajar di Pondok Modern Darussalam Gontor pada semester kedua. Namun, masih banyak aktivitas lainnya yang mewarnai kehidupan santri-santri selama akhir tahun ini. Aktivitas kepramukaan yang baru saja dibuka minggu ini hanyalah salah satu aktivitas dari sekian banyak aktivitas yang menggerakkan santri-santri dan menumbuhkan kreativitas mereka setengah tahun ke depan. Inilah yang menjadikan santri Gontor merasa betah di pondok, waktu pun terasa begitu cepat berlalu. “Semakin besar keinsafanmu, semakin besar pula keuntunganmu,” demikian pesan almarhum Pak Zar mengingatkan santri agar terlibat aktif dalam segala aktivitas pondok.*elk

Popular Articles