Date:

Share:

Penyelenggaraan Fathul Kutub Dinilai Sukses

Related Articles

GONTOR–Dalam rangka memperkenalkan Siswa Akhir KMI 2015 kutub turats serta menguji kemampuan Bahasa Arab mereka, KMI menggelar kegiatan Fathul Kutub. Diikuti oleh 739 orang siswa kelas 6, dimulai pada hari Jum’at, (7/11/2014) berlangsung hingga hari Rabu, (12/11), bertempat di BPPM. Di bawah kawalan para 58 guru pembimbing –12 orang guru senior dan 46 orang guru muda– siswa dibagi menjadi 46 kelompok dengan 2 unit besar (unit 1 dan 2). Di dalamnya, pembahasan meliputi empat materi pokok dalam disiplin ilmu agama Islam, yaitu: Ilmu Fiqh, Ilmu Aqidah, Ilmu Hadits, dan Ilmu Tafsir.
K.H. Syamsul Hadi Abdan dalam pembukaan menegaskan, “Gontor mengajarkan kepada santrinya bagaimana membaca kitab kuning dengan tidak menterjemahkan ke bahasa daerah. Santri harus mampu memahami Bahasa Arab dengan bantuan Munjid dan Mu’jam al-Mufahras dan mampu menjelaskan apa yang ia fahami”. Adanya Fahtul Kutub, sebagai jawaban atas anemo masyarakat bahwa santri Pondok Modern tidak bisa membaca kutub turats (kitab kuning). Anggapan itu adalah tidak benar adanya.

Para Siswa Akhir KMI berdiskusi dengan tertib, di bawah arahan guru pembimbing
Para Siswa Akhir KMI berdiskusi dengan tertib, di bawah arahan guru pembimbing

Salah satu peserta, Puad Badruzzaman (6H), berujar, “ini adalah modal bagi siswa akhir untuk menghadapi problem di masyarakat nanti. Masyarakat kelak bertanya pelbagai permasalahan agama mengerucut pada 4 materi pokok di Fathul Kutub ini”, tegasnya di sela-sela pertanyaan. elfah

Popular Articles