Date:

Share:

Diskusi Umum Kelas 5: Ungkap Tuntas Pengaruh Media Massa

Related Articles

GONTOR–Guna meningkatkan wawasan dan intelektual santri, Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) mengelar acara Diskusi Umum pada Kamis (1/10). Acara yang bertempat di Balai Pendidikan Pondok Modern (BPPM) ini, secara khusus diikuti oleh siswa Kelas 5 Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyyah (KMI).

Tema yang diusung oleh pemakalah Haykal Adha Al-Ghifari siswa Kelas 5B adalah “Pengaruh Media Massa di Masyarakat”. Mengingat begitu besarnya dampak media bagi masyarakat, baik positif ataupun negatif.

“Memang media massa adalah salah satu hasil usaha manusia untuk memudahkan dalam mempublikasikan berbagai informasi kepada seluruh khalayak ramai. Namun di sisi lain, ia dapat menjelma menjadi musuh yang sangat berbahaya bagi beberapa pihak, tergantung kepada kuat tidaknya prinsip yang dianut oleh media tersebut, termasuk prinsip pemilik sahamnya.” Ucap pemakalah Haykal dengan nada tegas sebagai wujud penekanan.

Selain itu, ia juga menyampaikan betapa kita harus waspada terhadap media massa. Karena ternyata tidak sedikit media massa yang bisa ‘dibeli’. Yang digunakan untuk kepentingan golongan atau kelompok tertentu. Sehingga informasi yang disajikannya pun cenderung bersifat ‘berat sebelah’.

“Jangan cepat-cepat terpancing oleh berita yang beredar di sekeliling kita. Informasi yang ada jangan lantas ditelan mentah-mentah. Harus lebih waspada. Karena banyak media massa, baik cetak atau audio visual, yang sudah ‘miring’.” Tegasnya ketika mengakhiri presentasi pada malam itu.

Diharapkan setelah acara ini, seluruh warga PMDG khususnya siswa Kelas 5 agar selalu berhati-hati dalam memanfaatkan media massa dengan segala bentuknya. B. Dasasta

Popular Articles