Date:

Share:

Dema ISID Gelar Acara Pelantikan Pengurus Baru

Related Articles

GONTOR — Dewan Mahasiswa (Dema) Institut Studi Islam Darussalam (ISID) mengadakan pergantian pengurus dan pelantikan di aula Rabithah, Jum’at (12/11) malam. Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, KH. Hasan Abdullah Sahal, berkenan hadir dan melantik pengurus baru Dema ISID periode 1431-1432/2010-2011 tersebut. Banyak hal yang beliau sampaikan seluruh mahasiswa ISID yang hadir dalam menjalankan sebuah organisasi kemahasiswaan di tengah-tengah krisis kepemimpinan dan mental yang melanda pemuda Indonesia saat ini. Untuk itu, dengan pendidikan kepemimpinan di Gontor, diharapkan para mahasiswa ISID kelak dapat menjadi pemimpin yang baik bagi organisasi yang dipimpinnya karena setiap pemimpin itu akan dimintai pertanggungjawabannya.

Setelah melalui proses pemilihan yang diikuti segenap mahasiswa ISID dari seluruh kampus ISID, Dema Pusat tahun ini diketuai Pamuji, mahasiswa Fakultas Tarbiyah semester IX yang berasal dari Ponorogo. Ketua Dema Pusat dibantu sekretaris terpilih, Ahmad Sidik, mahasiswa Fakultas Ushuluddin semester IX, dan seorang bendahara, Nanang Setyo Budi, yang juga mahasiswa Ushuluddin semester IX. Mereka membawahi Dema Wilayah yang tersebar di beberapa kampus ISID.

Hingga saat ini, organisasi yang berpusat di kampus Pondok Modern Darussalam Gontor ini sudah memiliki tujuh Dema Wilayah. Pertama, Dema Wilayah Gontor 1 bertempat di kampus Pondok Modern Darussalam Gontor sendiri yang anggotanya merupakan mahasiswa ISID Kampus Rabithah. Tahun ini, Dema Wilayah Gontor 1 dipimpin Syaiful Anam dan Heri Mulya. Keduanya merupakan mahasiswa Ushuluddin semester VII Jurusan Akidah Filsafat.

Selanjutnya, Dema Wilayah Gontor 2 bertempat kampus Pondok Modern Darussalam Gontor 2, Madusari, Siman, Ponorogo. Ketuanya adalah Zuli Fiyatno dari Fakultas Tarbiyah semester VII bersama Amiruddin Mahmud dari Fakultas Ushuluddin semester VII. Anggota Dema Wilayah Gontor 2 juga merupakan mahasiswa ISID Kampus Rabithah, tetapi mereka berdomisili di Gontor 2. Sedangkan mahasiswa ISID Kampus Rabithah yang menjadi anggota Dema Wilayah Gontor 1 berdomisili di kampus Gontor 1.

Kemudian Dema Wilayah Gontor 3 yang berlokasi di kampus Pondok Modern Gontor 3 “Darul Ma’rifat”, Sumbercangkring, Gurah, Kediri. Dema Wilayah yang satu ini diketuai Galih Kusuma Nugraha Priawan dan Andri Arifian. Keduanya juga mahasiswa Ushuluddin semester VII program studi (prodi) Perbandingan Agama. Adapun anggotanya merupakan mahasiswa ISID Kampus Kediri yang semuanya berasal dari Fakultas Ushuluddin karena kampus ISID yang satu ini, untuk sementara, hanya membuka Fakultas Ushuluddin dengan satu prodi Perbandingan Agama.

Dema Wilayah tahun ini bertambah dengan hadirnya Dema Wilayah Gontor 6 yang baru saja dibentuk seiring dibukanya perkuliahan ISID setahun yang lalu, sekitar tanggal 12 Oktober 2009 silam. Dema Wilayah yang beranggotakan mahasiswa Syariah prodi Mu’malat ini berada di kampus Pondok Modern Gontor 6 “Darul Qiyam”, Mangunsari, Sawangan, Magelang. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa kampus yang satu ini letaknya paling jauh dari Dema Pusat dibandingkan kampus-kampus ISID lainnya. Adapun ketuanya adalah M. Yanuar Rizal dengan dibantu seorang sekretaris, M. Fadhil, dan bendahara, Abdul Wahid Nurul Fajar.

Adapun Dema Wilayah lainnya terletak di Kampus Baru ISID Siman dengan diketuai Anggoro Adi Wisesa dan Harir Saifu Yasyak. Dibandingkan Dema Wilayah lainnya, Dema Wilayah ISID Siman dikenal lebih aktif dalam mengadakan acara-acara kemahasiswaan. Hal ini didukung dengan intensitas para mahasiswa di bangku perkuliahan. Dengan kata lain, mereka adalah mahasiswa murni yang secara fokus belajar di bangku kuliah tanpa mendapatkan tugas mengajar di KMI. Sedangkan, pengurus Dema Wilayah lainnya harus membagi pikiran mereka untuk tiga hal. Selain memikirkan perkuliahan atau urusan kemahasiswaan, mereka juga mendapatkan tugas-tugas dari pondok dan mendapatkan jadwal mengajar di KMI. Namun, hal ini tidak berarti bahwa Dema Wilayah lainnya tidak mempunyai aktivitas. Hanya saja, aktivitas mereka tidak sebanyak Dema Wilayah ISID Siman.

Selain Dema Wilayah yang telah disebutkan di atas, Dema Wilayah Gontor Putri 1 Mantingan dan Dema Wilayah Gontor Putri 3 Karangbanyu merupakan Dema Wilayah yang pengurus dan anggotanya berasal dari mahasiswa Kampus ISID Mantingan. Dema Wilayah Gontor 1 Mantingan diketuai Martini Dwi Pusparini dan Niken Hendri Yuniatin. Sedangkan Dema Wilayah Gontor Putri 3 Karangbanyu diketuai Siti Fatimah dan Mariatul Qibtiyah. 

Popular Articles