Date:

Share:

Berani Menyatakan Kebenaran

Related Articles

K.H. Hasan Abdullah Sahal
K.H. Hasan Abdullah Sahal

Pondok ini sudah berdiri sejak 88 tahun yang lalu dan hingga selamanya harus terus berjalan di atas rel amanat yang telah ditetapkan. Bagaimanapun suasananya, siapapun pimpinannya, pondok ini harus terus berjalan di atas rel itu. Rel-rel amanat tidak boleh diubah, diganti, atau dilengserkan meskipun suasana dan pimpinan pondok dapat diubah, diganti, dan dilengserkan.
Pesantren adalah lembaga pendidikan. Pondok Modern Gontor mendidik santri-santrinya untuk menjadi pendidik di berbagai medan. Santri-santri Gontor diharapkan mampu menjadi mujahid-mujahid yang membawa ‘bom spirituil’. Mujahid yang mampu ‘meledakkan’ masyarakat dengan gerakan-gerakan yang positif. Memberikan dampak yang baik kepada segenap lingkungannya. Gontor mendidik mujahid yang mampu mengatakan ‘ya’ di saat harus berkata ’ya’. Dan mampu mengatakan ‘tidak’ di waktu ‘tidak’.
Pesantren adalah lembaga yang mendidik pejabat, menteri, pengusaha, penguasa dan lain sebagainya. Pesantren bukanlah lembaga yang justru didikte oleh pejabat, menteri, pengusaha, penguasa dan lain sebagainya. Hanya Allah yang ada di atas pesantren dan yang ada di bawahnya hanyalah tanah.
Tanggalkan semua “pakaian-pakaian” golongan. Gontor tidak memihak kepada golongan apapun, tidak mendukung kepada partai apapun. Gontor berdiri di atas dan untuk semua golongan. Berputusasalah bagi mereka yang ingin membawa paham golongannya ke Gontor. Karena hal itu pasti tidak berhasil.
Kami tidaklah merasa benar, namun kami berusaha untuk benar. Ijtihad kami mungkin salah, namun kami tidak pernah berniat untuk melakukan kesalahan.
Wahai santri-santriku, wahai para mujahid! Ikhlaskanlah dalam berjuang! Ikhlaskan semuanya! Maka syaithan akan menyingkir dari hatimu.
Wahai para mujahid! Qum . . . ! Bangunlah . . . ! Andzir . . . ! Andzir . . . ! Tinggikan kalimat Allah! Tinggikan agama Allah! Farouq

 

Disampaikan oleh K.H. Hasan Abdullah Sahal pada Pembukaan Tahun Ajaran Baru 1434-1435

BPPM, Ahad, 11 Syawwal 1434/18 Agustus 2013

Popular Articles