Date:

Share:

Bangun Integritas, PMDG Gelar Silaturahim dan Wisata Keluarga di Cirebon

Related Articles

Family gathering dan pengarahan dari Pimpinan Pondok di Ballroom Hotel Aston
Family gathering dan pengarahan dari Pimpinan Pondok di Ballroom Hotel Aston

CIREBON–Seiring dengan perkembangan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) yang usianya kini mencapai 88 tahun, sejak berdirinya pada tahun 1926 silam, kader-kader PMDG yang menjadi penerus cita-cita Trimurti pun semakin bertambah. Hingga saat ini, ratusan keluarga kader PMDG yang akan memperjuangkan dan mempertahankan nilai-nilai pondok warisan Trimurti tersebar di Gontor Pusat dan cabang-cabangnya. Seluruh anggota keluarga kader-kader PMDG tersebut mencapai 500 orang lebih.

Sementara itu, dengan segala aktivitas dan program yang dicanangkannya, PMDG bergerak dinamis mendidik puluhan ribu santri yang datang dari segala penjuru Indonesia hingga dunia. Tentunya, kenyataan ini menuntut para kader PMDG untuk berpartisipasi bahu-membahu menjalankan program-program yang telah digariskan Pimpinan PMDG, yang terangkum dalam Panca Jangka: Pendidikan dan Pengajaran, Kaderisasi, Pergedungan, Khizanatullah (‘Perbendaharaan’), dan Kesejahteraan Keluarga.

Sehingga, PMDG benar-benar menjadi lahan perjuangan bagi segenap kader pondok dengan memaksimalkan peran dan fungsi masing-masing. Di PMDG, mereka hidup untuk berjuang dan memperjuangkan kelangsungan pondok dengan nilai-nilainya yang telah ditanamkan Trimurti, sesuai dengan filsafat perjuangan di Gontor, “berjasalah, tapi jangan minta jasa”. Hingga mereka rela dengan segenap hati mengorbankan waktu, tenaga, pikiran, harta, sampai nyawa sekalipun untuk kemajuan pondok tercinta. Hal inilah yang harus dipahami dan dijalankan oleh setiap kader PMDG dan segenap anggota keluarganya, agar pondok terus berkembang dengan tetap mempertahankan nilai-nilai yang telah diwariskan para pendiri PMDG. Ibarat kereta api, walaupun masinisnya berganti-ganti, namun rel-rel yang menjadi lintasannya tidak boleh berubah.

Perkembangan pondok yang terus menanjak, diiringi dengan bertambahnya jumlah anggota keluarga kader PMDG, menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi Gontor dalam upaya membangun integritas para kader terhadap nilai-nilai dan sistem, jiwa dan filsafat hidup, idealisme, dan cita-cita pondok. Dengan terwujudnya integritas ini, keluarga besar PMDG akan selalu menjaga konsistensi perjuangan di atas nilai-nilai yang sudah ditetapkan Trimurti. Dengan adanya integritas ini pulalah, pondok benar-benar akan menjulang tinggi dan berdiri kokoh di atas pondasi yang telah ditancapkan.

Adapun salah satu upaya PMDG untuk membangun dan memperkuat integritas tersebut adalah dengan membangun kebersamaan di antara para kader. Kebersamaan yang kuat disertai dengan penghayatan nilai-nilai pondok akan menumbuhkan kesamaan tekad dalam berjuang. Salah satu cara pondok untuk membangun kebersamaan ini adalah melalui kegiatan keluarga bertajuk “Silaturahim dan Wisata Keluarga Besar Pondok Modern Darussalam Gontor”. Program tahunan ini dilaksanakan pada liburan pertengahan tahun berbentuk kegiatan wisata ke tempat-tempat tertentu yang disetujui Pimpinan PMDG.

Untuk tahun ini, kegiatan yang bertemakan “Dengan Bersilaturahim, Kita Bangun Integritas Kita Terhadap Nilai-Nilai Pondok” ini  dilaksanakan di Cirebon, Jawa Barat, berpusat di Hotel Aston. Terpilihnya Cirebon sebagai tempat tujuan acara karena di sini terdapat nilai-nilai sejarah yang bisa dilacak. Di samping itu, Cirebon juga merupakan salah satu pusat perkembangan peradaban Islam di masa lampau. Tidak hanya itu, kenyataan bahwa Trimurti pendiri PMDG memiliki hubungan silsilah keturunan dengan Sultan Kasepuhan Cirebon memperkuat alasan dipilihnya Cirebon sebagai tempat tujuan acara ini sekaligus mempererat ikatan keluarga PMDG dengan Kasepuhan Cirebon.

Acara berlangsung selama lima hari, Ahad–Kamis, 12–16 Januari 2014. Selain kegiatan wisata, berbagai acara keluarga pun dikemas dengan apik dan menarik. Panitia yang diketuai Ustadz Drs. H. Rif‘at Husnul Ma‘afi, M.Ag. bersama Ustadz Ahmad Saifullah, M.Pd. dan Ustadz Nur Hadi, S.H.I. mengadakan acara family gathering dan pentas seni anak-anak di Ballroom Hotel Aston pada Senin (13/1) malam. Pada Selasa (14/1) pagi, rombongan yang terdiri dari Pimpinan Pondok dan beberapa ketua lembaga beserta sejumlah guru senior mengunjungi Pondok Pesantren Modern “Al-Ikhlas” Kuningan yang dipimpin Ustadz H. Tata Taufik, M.A., setelah melihat-lihat museum Perjanjian Linggarjati. Sementara itu, rombongan yang terdiri dari keluarga kader beserta putra-putri mereka berwisata ke Sangkan Aqua Park Kuningan. Panitia juga menggelar aneka ragam perlombaan bagi anak-anak pada sore harinya, serta pertandingan futsal dan bulu tangkis antara Tim PMDG dan Tim Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) Cabang Cirebon. Pada malam harinya, family gathering kembali diadakan di Ballroom Hotel Aston sekaligus mendengarkan berbagai arahan dan nasihat dari Pimpinan Pondok, K.H. Hasan Abdullah Sahal dan K.H. Syamsul Hadi Abdan.

Keesokan harinya, Rabu (15/1) pagi, rombongan berwisata ke Gua Sunyaragi sebelum ber-silaturahim dengan Sultan Kasepuhan Cirebon pada siang harinya. Pada malam hari, panitia mengagendakan acara silaturahim antara Keluarga Besar PMDG dan IKPM Cabang Cirebon di Ballroom Hotel Aston. Acara silaturahim tersebut merupakan agenda resmi terakhir yang diadakan panitia sebelum kembali ke Gontor mulai Kamis (16/1) pagi. shah wa

Popular Articles