Date:

Share:

Aktivitas Pembelajaran Semester Kedua di PMDG Resmi Dimulai

Related Articles

Suasana Pembukaan Semester Kedua di PMDG
Suasana Pembukaan Semester Kedua di PMDG

DARUSSALAM–Pagi itu, Selasa (21/1), sekitar 4.500 orang berkumpul di depan Balai Pendidikan Pondok Modern (BPPM), terdiri dari guru, santri, dan wali santri. Mereka mendengarkan dengan khidmat nasihat Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), K.H. Hasan Abdullah Sahal, dalam acara pembukaan kegiatan pembelajaran semester kedua, sebagai bekal untuk memulai kegiatan pendidikan dan pengajaran setengah tahun ke depan.

Dengan disiplin yang tinggi, acara pembukaan dimulai tepat pada pukul 07.00 WIB. Direktur KMI, K.H. Masyhudi Subari, M.A., membuka kegiatan pembelajaran semester kedua secara resmi, setelah menggambarkan segala hal yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar pada semester kedua ini.

Dalam nasihatnya, K.H. Hasan Abdullah Sahal mengingatkan para santri untuk merenungi arti hidup dan tujuan mereka kembali ke Gontor. Hidup kita adalah untuk give, give, and give, dan jangan pernah berpikiran untuk give and take atau take and give. Orang yang memberi lebih mulia daripada orang yang menerima apalagi meminta.

“Berilah! Dan teruslah memberi! Maka Allah akan memberimu. Maka kamu akan gain, kamu akan mendapat sesuatu dari Allah. Wahai para santri-santriku, ke Gontor apa yang kau cari? Wahai para guru, ke Gontor apa yang kau cari? Wahai para wali santri, ke Gontor apa yang kau cari? Kehidupan yang paling indah adalah kehidupan di pesantren. Yang besar menyayangi yang kecil, yang kecil menghormati yang besar. Yang kuat membantu yang lemah, yang pintar mengajari yang kurang pintar, dan seterusnya. Dunia menjadi luas karena manusianya hidup berakhlak dan beradab.” Demikianlah K.H. Hasan Abdullah Sahal menasihati para santri dan guru. farouq

Popular Articles